sop-perawat.blogspot.com SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent - Standar Operasional Prosedur

SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent

SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent


Berikut ini kami sajikan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Standar Prosedur Operasional (SPO) Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent atau persetujuan Lengkap dengan Definisi, Tujuan, Kebijakan, Prosedur tindakan dan Unit Terkait


SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent

SOP / SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent

A. Definisi
  • Suatu jenis pernyataan tentang persetujuan atau penolakan dalam bentuk tulisan yang ditandatangani penderita/walinya sebagai bukti terhadap persetujuan atau penolakan tindakan medis yang akan dilakukan kepada pasien.

B. Tujuan
  • Agar semua tindakan (medis) yang dilakukan telah mendapat persetujuan dari penderita / walinya sehingga dokter / tenaga kesehatan lainnya / manajemen rumah sakit terhindar dari tuntutan hukum dari pasien ataupun keluarga pasien
  • Setiap pasien yang mendapat pelayanan di rumah sakit mempunyai hak untuk memperoleh atau menolak pengobatan yang akan diberikan. 

C. Kebijakan
  • Penanda tanganan dilakukan setelah pasien mendapat penjelasan dari petugas penerima pasien ditempat pendaftaran.
  • Pemberian persetujuan maupun penolakan terhadap perlakuan yang akan diambil tersebut menjadi bukti yang syah bagi rumah sakit, pasien, dan dokter.

D. Prosedur
  1. Dokter wajib memberikan penjelasan / informasi tentang apa yang akan dilakukan oleh tim medis, resiko dan akibat yang akan terjadi bilamana suatu tindakan akan diambil serta cara mengatasi.
  2. Dokter harus menandatangani juga pernyataan tersebut sebagai tanda kalau sudah memberikan penjelasan kepada penderita atau keluarga.
  3. Pasien / keluarganya telah memahami betul penjelasan dokter tentang tindakan yang akan dilakukan, resiko dan akibat-akibat yang akan terjadi atas suatu tindakan medis tersebut serta cara mengatasinya.
  4. Pasien / keluarganya mengisi dan menandatangani pernyataan yang telah disediakan dengan dipandu oleh perawat / petugas rumah sakit.
  5. Saksi yang juga menandatangani pernyataan tersebut dapat diambil dari keluarga penderita atau perawat yang bertugas.

E. Unit Terkait
  • Dokter
  • Petugas Poliklinik 
  • Petugas IGD 
  • Petugas Ruang Perawatan RS.



SOP / Protap Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent Versi Tabel


SOPStandar Operasional Porsedur (SOP) / Protap Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent
Definisi
  • Suatu jenis pernyataan tentang persetujuan atau penolakan dalam bentuk tulisan yang ditandatangani penderita/walinya sebagai bukti terhadap persetujuan atau penolakan tindakan medis yang akan dilakukan kepada pasien.
Tujuan
  1. Agar semua tindakan (medis) yang dilakukan telah mendapat persetujuan dari penderita / walinya sehingga dokter / tenaga kesehatan lainnya / manajemen rumah sakit terhindar dari tuntutan hukum dari pasien ataupun keluarga pasien
  2. Setiap pasien yang mendapat pelayanan di rumah sakit mempunyai hak untuk memperoleh atau menolak pengobatan yang akan diberikan. 
Kebijakan 
  1. Penanda tanganan dilakukan setelah pasien mendapat penjelasan dari petugas penerima pasien ditempat pendaftaran.
  2. Pemberian persetujuan maupun penolakan terhadap perlakuan yang akan diambil tersebut menjadi bukti yang syah bagi rumah sakit, pasien, dan dokter.
Instalasi Terkait
  • Dokter
  • Petugas Poliklinik 
  • Petugas IGD 
  • Petugas Ruang Perawatan RS.




Demikianlah artikel dari kami yang singkat dengan judul yaitu SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent. Semoga apa yang telah kami berikan dan sajikan diatas dapat bermanfaat bagi teman-teman semua dalam meentukan prosedur pengisian lembar inform consent atau lembar persetujuan. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi ya.

0 Response to "SOP Prosedur Tetap Pengisian Lembar Informed Consent"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel