sop-perawat.blogspot.com SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja - Standar Operasional Prosedur

SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja

SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja


Berikut ini kami sajikan Standar Operasional Prosedur (SOP) atau Standar Prosedur Operasional (SPO) Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja Lengkap dengan Definisi, Kebijakan, dan Prosedur


SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja

Hai teman-teman sahabat sop-perawat.blogspot.com. Kali ini kita akan membahas dan menyajikan mengenai Standar Prosedur Operasional (SPO) Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja. Selamat belajar aya jagan lupa share blog kita ini


SOP / SPO Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja

A. Definisi
  • Pasien “False Emergency” adalah pasien dengan kondisi tidak gawat dan tidak darurat yang datang IGD di luar jam kerja


B. Tujuan
  1. Pasien “False Emergency” harus tetap dilayani karena pada dasarnya IGD/Rumah Sakit tidak boleh menolak penderita yang memerlukan pertolongan.


C. Kebijakan
  1. Pasien tidak gawat dan tidak darurat yang datang di IGD diluar jam kerja tetap dilayani. 
  2. Pasien “False Emergency”  yang datang bersamaan dengan pasien Gawat Darurat, maka penanganan pasien Gawat Darurat didahulukan.

D. Prosedur
  1. Memberitahukan pada pasien “False Emergency” prosedur triase, yakni ada pasien Gawat Darurat. 
  2. Setelah dilakukan triase pasien digolongkan sebagai pasien tidak gawat dan tidak darurat (“False Emergency”).
  3. Bila pada jam dinas maka dokter menganjurkan pasien menuju ke poliklinik rawat jalan agar dilakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter di poliklinik rawat jalan.
  4. Bila di luar jam dinas maka oleh petugas IGD, pasien diantar ke ruang pelayanan IGD.
  5. Bila pada saat yang relatif bersamaan di IGD juga ada pasien gawat darurat maka petugas IGD memberitahu pasien false emergency agar sabar menunggu sampai pelayanan gawat darurat selesai.
  6. Dokter melakukan anamnese, pemeriksaan dan tindakan/ pengobatan pada pasien false emergency.
  7. Pasien false emergency diberi resep sesuai prosedur pemberian resep.
  8. Setelah mendapatkan obat maka pasien false mergency diperbolehkan pulang dan dipesan agar kontrol bila masih ada keluhan atau perlu pemeriksaan penunjang.


E. Unit Terkait
  • Instalasi Gawat Darurat 


SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja Versi Tabel


SOPStandar Operasional Porsedur (SOP) Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja
Definisi
  • Pasien “False Emergency” adalah pasien dengan kondisi tidak gawat dan tidak darurat yang datang IGD di luar jam kerja
Tujuan
  1. Pasien “False Emergency” harus tetap dilayani karena pada dasarnya IGD/Rumah Sakit tidak boleh menolak penderita yang memerlukan pertolongan.
Kebijakan 
  1. Pasien tidak gawat dan tidak darurat yang datang di IGD diluar jam kerja tetap dilayani. 
  2. Pasien “False Emergency”  yang datang bersamaan dengan pasien Gawat Darurat, maka penanganan pasien Gawat Darurat didahulukan.
Prosedur Kerja
  1. Memberitahukan pada pasien “False Emergency” prosedur triase, yakni ada pasien Gawat Darurat. 
  2. Setelah dilakukan triase pasien digolongkan sebagai pasien tidak gawat dan tidak darurat (“False Emergency”).
  3. Bila pada jam dinas maka dokter menganjurkan pasien menuju ke poliklinik rawat jalan agar dilakukan pemeriksaan dan pengobatan oleh dokter di poliklinik rawat jalan.
  4. Bila di luar jam dinas maka oleh petugas IGD, pasien diantar ke ruang pelayanan IGD.
  5. Bila pada saat yang relatif bersamaan di IGD juga ada pasien gawat darurat maka petugas IGD memberitahu pasien false emergency agar sabar menunggu sampai pelayanan gawat darurat selesai.
  6. Dokter melakukan anamnese, pemeriksaan dan tindakan/ pengobatan pada pasien false emergency.
  7. Pasien false emergency diberi resep sesuai prosedur pemberian resep.
  8. Setelah mendapatkan obat maka pasien false mergency diperbolehkan pulang dan dipesan agar kontrol bila masih ada keluhan atau perlu pemeriksaan penunjang.
Unit Terkait
  • Instalasi Gawat Darurat





Demikialah artikel yang singat dari kami diatas dengan judul SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja. Semoga apa yang telah kami berikan dapat bermanfaat serta berguna bagi teman-teman dalam membuat SOP atau SPO yang baik dan benar. Terimakasih atas kunjungannya, sampai jumpa lagi yaa.

0 Response to "SOP Penanganan Pasien Di Luar Jam Kerja"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel